BENDUNGAN TERBESAR DI ASIA TENGGARA, KEBANGGAAN TANGGAMUS



PORTALTANGGAMUS.COM, AIR NANINGAN - Kabupaten Tanggamus semestinya cukup bangga selain memiliki bentangan alam yang indah ternyata juga memiliki satu bendungan yang disebut-sebut salah satu yang terbesar se-Asia Tenggara. Bendungan dengan luas lebih dari 3.500 hektare ini namanya Batutegi terdapat di Pekon Batutegi, Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus. 

Sejak awal mula diresmikan Presiden Indonesia ke-5, Megawati Soekarnoputri yakni pada 8 Maret 2004 itu, selain dimanfaatkan untuk irigasi dan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), Bendungan ini dimanfaatkan juga sebagai tempat wisata unggulan yang ada dikabupaten Tanggamus, Lampung.


Tidak salah jika Batutegi dikembangkan menjadi salah satu obyek wisata unggulan. Sebab, pemandangan yang disajikan di bendungan yang dibangun pada tahun 1995 ini juga memiliki pemandangan yang begitu indah. Didukung dengan lingkungan bendungan yang masih asri, perbukitan dan hutan dengan pepohonan hijau begitu menyejukkan mata. Apalagi air bendungan apabila dilihat dari ketinggian, menyajikan pemandangan bagai sebuah danau yang begitu luas.

Untuk datang ke Bendungan ini dari pusat ibukota Bandar Lampung menghabiskan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Bagi yang membawa kendaraan pribadi, ambil Jalan Lintas Barat menuju arah Talang Padang, Tanggamus. Hingga sebelum Pasar Talang Padang, terdapat plang di samping kanan jalan petunjuk ke Bendungan Batutegi. Ikuti arah jalanan tersebut hingga petunjuk selanjutnya sampai di Air Naningan kemudian belok ke kanan. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan sampai menemukan gapura Bendungan Batutegi di sebelah kanan jalan bertuliskan Pekon Wisata Religi Batutegi.


Sementara itu bagi kalian yang mengendarai kendaraan umum, bisa naik bus dari Terminal Rajabasa, Bandar Lampung menuju arah Kota Agung dengan turun di Pasar Talang Padang. Setelah itu dilanjutkan dengan naik kendaraan umum menuju Air Naningan. Setelah sampai dilokasi, naik ojek menuju Bendungan Batutegi.

Sesampainya menuju arah digerbang masuk, pengunjung akan memasuki pintu gerbang dan akan dikenakan karcis masuk bagi para pengunjung yang berjumlah tidak terlalu besar sekitar Rp 2.000 per orang (pada saat kunjungan normal).  Setelahnya, pengunjung dapat memilih 2 lokasi yang ingin didatangi. Yang pertama adalah bagian dalam bendungan, kemudian yang kedua sering disebut Jetty atau dermaga bendungan.


Yuli, salah satu pengunjung mengungkapkan "Memandang indahnya Bendungan Batu Tegi dari atas Rumah Pohon yang ada di Wisata Tanjung Harapan, Pengunjung akan merasa lebih fresh saat melepas kepenatan, karena  lokasinya serasa berada di sebuah pulau yang jauh dari keramaian dengan suasana yang tenang, nyaman juga indah" ungkapnya. (Adm) 



1 Response to "BENDUNGAN TERBESAR DI ASIA TENGGARA, KEBANGGAAN TANGGAMUS "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel