BELUM BANYAK YANG TAHU, DI TANGGAMUS ADA PANTAI SEINDAH INI


Kelumbayan - Kabupaten Tanggamus memiliki deretan pantai yang luar biasa indahnya. Beberapa diantaranya sudah sangat terkenal se-antero Nusantara bahkan dunia. Salah satu yang sering dilewati namun belum banyak dilirik wisatawan adalah pantai Batu Suluh.

Pantai Batu Suluh adalah pantai yang memiliki batu karang merah beberapa meter dari pantainya. Selain itu pasirnya pun terlihat kemerahan. Apalagi kalau terkena sinar matahari di waktu-waktu tertentu.

Spot Batu Suluh ini sebenarnya sudah dikenal oleh para traveler di Lampung. Khususnya yang memiliki hobi fotografi. Selain memotret spot foto di pantai lain, biasanya fotografer-fotografer tersebut juga akan mampir di pantai ini.


Lokasi pantai Batu Suluh :
Lokasi pantai Batu Suluh ini terletak di Pekon (desa) Negeri Kelumbayan, Dusun Batu Suluh, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus. Berjarak sekitar 80 kilometer dari pusat Kota Bandar Lampung. Dengan waktu tempuh sekitar 3-4 jam perjalanan dengan kendaraan. 

Rute :
Dari Bandar Lampung kita mengarah ke Padang Cermin. Melewati Pantai Klara, belok kiri di Padang Cerimin ke arah Bawang Punduh Pidada. Dari Pertigaan Kiluan, kita lurus saja ke jalan yang menanjak ke arah Gigi Hiu Pegadungan. Ikuti saja jalan tersebut. Dari Pertigaan Kiluan tadi, Pantai Batu Suluh berjarak sekitar 6,8 kilometer.

Di beberapa titik, kita akan menjumpai jalan naik dan turun. Saat jalan masih berupa tanah, akan menjadi kendala dan tantangan tersendiri bagi yang senang berpetualang. Namun sekarang jalan sudah diperbaiki dan relatif bagus. Sebelum ada pembangunan jalan, kita akan menyeberangi Way Balak, kali yang airnya jernih. Traveler sering mandi-mandi disitu. Namun sekarang sudah ada jembatan yang lebih memudahkan bagi yang melintas.


Pesona Batu Suluh :
Kalau kawan-kawan bertanya apa yang menarik dari pantai ini? Saya akan mencoba memberi sedikit ulasan, mengapa pantai ini harus dikunjungi kalau liburan ke Lampung.
Batu Suluh ini menawarkan panorama berbeda dengan pantai lain yang ada di Lampung. Mengapa berbeda?? Yappps! jawabannya. Karena pantai ini memiliki keunikan tersendiri, dikarenakan ada batu karang yang keberadaannya di laut tidak jauh dari pantai.

Kelapa Nunggal :
Pantai Batu Suluh terkenal juga dengan sebutan kelapa nunggal oleh masyarakat setempat. Karena terdapat pohon kelapa yang tumbuh di atas karang yang disebut diatas. Maka, teman teman hari ini menyebutkan dengan kelapa nunggal. Juga ada yang menyebutnya Satu Kelapa.

Panorama Indah :
Selain keunikan diatas, pantai ini memiliki suasana sunrise maupun sunset yang indah. Di saat sunrise maupun sunset, sinar matahari menjatuhkan sinarnya di deretan karang Batu Suluh. Belum lagi warna-warni langit yang menjadi latar, bisa membuat suasana semakin romantis. Sayang sekali kalau tidak diabadikan melalui kamera.


Batu Suluh yang Indah :
Bagaimana menurutmu Pantai Batu Suluh ini? Sudah pernah mampir disini?
Lampung, khususnya Tanggamus dan Kelumbayan, memiliki banyak pantai yang indah. Sekali berkunjung, kita akan jatuh cinta dan akan rindu untuk datang kembali. Untuk traveling ke Pantai Batu Suluh ada baiknya juga menuju pantai lain. Jadi tidak hanya satu tujuan saja. Agar perjalananmu terasa semakin lengkap dan banyak mendapat pengalaman. Dan tentu saja foto-foto indah yang siap diunggah di akun instagrammu. Selamat traveling. (NAS). 

2 Responses to "BELUM BANYAK YANG TAHU, DI TANGGAMUS ADA PANTAI SEINDAH INI"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel