Pekon Binjai Wangi Tanggamus Salurkan BLT Dana Desa Kepada Masyarakat Keluarga Penerima Manfaat BLT-DD

Proses pembagian BLT-DD Tahap 1 Tahun 2021 Pekon Binjai Wangi 

Portaltanggamus.com, Pugung, Pembagian berjalan lancar sesuai arahan yang disampaikan Akmaluddin selaku Kepala Pekon Binjai Wangi yang tercatum pada undangan yang diterima oleh masing-masing Keluarga Penerima Manfaat (KPM) atau dengan kata lain anggota masyarakat yang penerima bantuan tersebut, Kamis 20/05/2021. 

Dalam kegiatan penyaluran itu turut hadir Camat Pugung Drs. HARDASYAH.MM., Koramil pagelaran pugung Sertu Sutrisno., Polsek pugung Aipda Yusmantoni, Pendamping Lokal Desa (PLD) Binjai Wangi Ahmad Saefi, Pendamping Desa (PD) kecamatan Pugung Junaidi, Ketua BHP Wahyu irwanda Harya, S.Pd., Kaur keuangan Hermansyah, Kasi Pemerintahan Zuhriana beserta seluruh aparatur Pekon Binjai Wangi.

Sebelum pembagian BLT-DD diberikan kepada KPM, Kepala pekon menyampaikan beberapa hal yang perlu di katahui oleh masyarakat, bahwa BLT-DD ini adalah kewajiban Pemerintah Desa untuk disalurkan kepada Keluarga miskin yang terdampak COVID-19, dengan besarannya Rp 300.000/KPM setiap bulannya.

"BLT-DD ini sifatnya sangat terbatas kuota penerimanya, yakni hanya 32 orang KPM dan ini sudah kita tetapkan melalui Musdes khusus yang diselenggarakan BPD, kami dari pemerintah Desa tidak bisa memberikan bantuan ini keseluruh masyarakat yang ada di Pekon Binjai Wangi. Hal itu karena sesuai dengan regulasi yang tercantum dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No.222/PMK.07/2020 Tentang Pengelolaan Dana Desa, dan Permendes PDTT No 13 Tahun 2020 tetang prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2021, secara tegas disebutkan bahwa BLT DD disalurkan sebanyak Rp. 300 ribu per Kepala Keluarga/bulan" jelas Akmaluddin, 

Lanjutnya "Untuk tahap pertama pada tahun 2021 kita laksanakan hari ini, dan untuk tahap selanjutnya insyaAllah akan dicairkan kembali beberapa minggu kedepan, dan masyarakat juga perlu mengatahui bahwa BLT-DD tidak boleh ada pemotongan baik dari Desa atau dari oknum-oknum yang memanfaatkan walaupun hanya seribu rupiah, jika itu terjadi masyarakat boleh melaporkan atau memberikan aduan kepada pihak desa."tegas Akmaluddin menjelaskan. 

Drs. Hardasyah, M.M., selaku Camat Kecamatan Pugung berharap kepada Masyarakat miskin terdampak COVID-19  khususnya yang terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) agar bantuan yang diterima ini di manfaatkan sebaik mungkin, kalo bisa dimanfaatkan untuk membeli Sembako seperti beras, telur, minyak, gula, dan lain-lain. tidak untuk membeli yang tidak bermanfaat.

Camat Pugung itu menghimbau kepada seluruh masyarakat miskin penerima manfaat atau masyarakat Binjai wangi pada umumnya, "karena kita masih dalam masa pandemi yang harus dituntaskan secara bersama-sama, dengan displin menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, Insya Allah dengan kita bersama-sama melawan COVID-19  pandemi ini bisa terselesaikan dan kita bisa hidup normal kembali, beraktivitas seperti biasa tanpa ada pembatasan, tanpa ada himbauan dan sebagainya. 

Ia juga menambahkan dan berharap kembali kepada masyarakat yang ada di Pekon Binjai Wangi untuk Penerapan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan penularan virus SARS-CoV-2 penyebab Corona Virus Disease 2019 atau COVID-19 adalah hal yang mutlak dan harus menjadi prioritas utama di setiap daerah dan protokol kesehatan yang meliputi memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan terus dilakukan.

Dalam kesempatan itu iapun menghimbau dan mengajak para tokoh turut berperan serta "dengan peran tokoh masyarakat desa ataupun tokoh adat yang kuat, mari bersama-sama untuk memberikan pemahaman pentingnya protokol kesehatan dalam beradaptasi dengan situasi pandemi COVID-19,” tukasnya. (Tim Portal/bg binjai)

0 Response to "Pekon Binjai Wangi Tanggamus Salurkan BLT Dana Desa Kepada Masyarakat Keluarga Penerima Manfaat BLT-DD "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel