Momentum Peringatan Hari Sumpah Pemuda, KUA Gisting Inisiasi Silaturahmi Pemuda Lintas Agama

 
Perwakilan Pemuda/i Lintas Agama yang ada di Kabupaten Tanggamus. 

Portanggamus.com, Gisting - Moderasi dalam Beragama sebagai Pemersatu anak Bangsa, kata “moderasi” itu sendiri memiliki hubungan dengan beberapa istilah. Dalam bahasa Inggris, kata Moderasi  berasal dari kata moderation, yang berarti sikap sedang, sikap tidak berlebihan. Juga terdapat kata moderator, yang berarti ketua (of meeting), pelerai, penengah (of dispute). 

Kata 'moderation' berasal dari bahasa Latin moderatio, yang berarti ke-sedang-an (tidak kelebihan dan tidak kekurangan). Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata “moderasi” berarti penghindaran pada kekerasan atau penghindaran ke-ekstrem-an.

Kata ini adalah serapan dari kata “moderat”, yang berarti sikap selalu menghindarkan perilaku atau pengungkapan yang ekstrem, dan kecenderungan kearah jalan tengah. Sedangkan kata “moderator” berarti orang yang bertindak sebagai penengah (hakim, wasit, dan sebagainya).

Jadi, ketika kata “moderasi” disandingkan dengan kata “beragama”,  menjadi “moderasi beragama”, maka istilah tersebut berarti merujuk pada sikap mengurangi kekerasan, atau menghindari ke-ekstrem-an dalam praktik beragama. 

Gabungan kedua kata itu menunjuk kepada sikap dan upaya menjadikan agama sebagai dasar dan prinsip untuk selalu menghindarkan perilaku atau pengungkapan yang ekstrem dan selalu mencari jalan tengah yang menyatukan dan membersamakan semua elemen dalam kehidupan bermasyarakat, bernegara, dan berbangsa.

Ajang silaturahmi antar generasi muda lintas agama diyakini menjadi salah satu media yang produktif dan efektif untuk merawat perdamaian, juga diyakini untuk menyuburkan semangat toleransi antar umat beragama ditengah masyarakat, mengingat dalam konteks sosial yang ada di kecamatan Gisting yang notabene begitu beragam akan budaya, etnis dan agama sehingga kegiatan silaturahmi pemuda lintas agama ini perlu dikembangkan guna  menghasilkan rumusan-rumusan yang konstruktif demi terjaganya kerukunan ummat beragama dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, sekalipun dikecamatan Gisting tersebut merupakan daerah yang tiada atau tidak rawan akan terjadinya konflik antar agama. 

Silaturahmi pemuda lintas agama kecamatan Gisting ini dalam rangka giat memperingati hari Sumpah Pemuda, kegiatan berlangsung di Aula Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan GISTING, Kabupaten Tanggamus, Rabu (27/10/21).

Dalam acara itu dihadiri dari masing-masing perwakilan organisasi kepemudaan dan  keagamaan. Perwakilan organisasi kepemudaan dan keagamaan tersebut adalah Eka Agung Nugroho mewakili dari pemuda kristen, M. Abdurouf Hanifuddin, M.Pd  perwakilan dari Gerakan Pemuda Ansor, Solahuddin Magad perwakilan dari KAHMI, Ustadz Bambang  Mugiono dari Pemuda Muhammadiyah dan Tomas Sumaryadi perwakilan dari pemuda katolik. Kegiatan ini diinisiasi dan difasilitasi oleh kantor Urusan Agama Kecamatan Gisting  Kabupaten Tanggamus. 

Dalam sambutannya Darmawan, S.Fil.I, M.Ag, kepala kantor urusan Agama kecamatan Gisting, berharap dengan diselenggarakannya kegiatan ini spirit perdamaian, toleransi dan kerukunan antar umat beragama khususnya di kecamatan Gisting dapat terus terjaga. Lebih lanjut  Darmawan menambahkan, bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari implementasi moderasi beragama. 

Moderasi beragama itu merupakan konsepsi yang dapat membangun sikap toleran dan rukun untuk mengokohkan persatuan dan kesatuan bangsa, paling tidak moderasi beragama dapat terlihat melalui empat indikator, diantaranya adanya komitmen kebangsaan yang kuat, sikap toleransi terhadap sesama, memiliki prinsip menolak tindakan kekerasan baik secara fisik maupun verbal serta menghargai tradisi dan budaya lokal masyarakat yang sangat beragam, terang Darmawan.  

Pada kesempatan yang sama, Bambang Mugiono perwakilan dari Pemuda Muhammadiyah berharap kegiatan silaturahmi pemuda lintas agama ini tidak terhenti pada tataran diskusi saja, namun lebih kepada praktik aksi nyata, misal kedepannya akan diadakan kemah bersama antar pemuda lintas agama atau kegiatan olahraga bersama pemuda lintas agama, harap ketua Pemuda Muhammadiyah.

Hal senada pula disampaikan dari perwakilan Gerakan Pemuda Ansor  Muhammad Abdurouf, ia menyampaikan pada prinsipnya Gerakan Pemuda Ansor  dari dulu memang sudah menanamkan dan memiliki semangat moderasi dalam beragama, soal moderasi dalam beragama Gerakan Pemuda Ansor jangan diragukan, semangat kebersamaan antar umat beragama, bersinergi antar umat beragama merupakan suatu kekuatan dalam membangun bangsa, kapanpun dan dimanapun pemuda Ansor siap bersinergi selagi untuk kemaslahatan, ucap Rouf.

Sementara itu, Tomas Sumaryadi perwakilan dari pemuda katolik mengapresiasi kegiatan tersebut, ucapan terimakasih dan apresiasi saya sampaikan atas adanya kegiatan ini, pada prinsipnya pemuda katolik hadir ditengah masyarakat tampil sebagai jembatan antar ummat beragama untuk melakukan kegiatan kegiatan sosial dan selalu merawat  komunikasi dan kerukunan umat beragama, baik tampil sebagai jembatan kerukunan antar umat beragama maupun tampil sebagai jembatan antara gereja dengan pemerintah, tegas ketua pemuda katolik itu.  

Pada momentum silaturahmi itu pun output diskusi menghasilkan kesepakatan untuk melaksanakan agenda rutin kegiatan sosial bersama pemuda lintas agama di kecamatan Gisting. Untuk memudahkan koordinasi agenda kegiatan kedepan, maka dibentuk wadah Komunitas Pemuda Lintas Agama kecamatan Gisting, Solahuddin magad yang merupakan perwakilan dari korps Alumni HMI (KAHMI) itu sebagai inisiator Komunitas Pemuda Lintas Agama Kecamatan Gisting. 

Ia menginginkan kedepannya wadah ini bisa menjadi media silaturahmi bagi generasi muda lintas agama yang ada di kecamatan Gisting sebagai ikhtiar merayakan kemajemukan kaum beragama dan lebih- lebih komunitas pemuda lintas agama kecamatan Gisting ini bisa menjadi roll of model kerukunan  umat beragama di kabupaten Tanggamus, tutupnya.

0 Response to "Momentum Peringatan Hari Sumpah Pemuda, KUA Gisting Inisiasi Silaturahmi Pemuda Lintas Agama "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel