Musdes Pekon Banjarsari Kecamatan Talang Padang, Masyarakat Inginkan Perbaikan Jalan dan Balai Pelatihan


Portalnggamus.com, Talangpadang - Badan Hippun Pekon (BHP) bersama Pemerintah Desa Banjarsari, Kecamatan Talang Padang, Kabupaten Tanggamus menggelar Musyawarah Desa (Musdes) Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) Tahun 2022, Selasa (16/11/2021).

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Paud tersebut dihadiri Kepala Pekon Banjarsari Topan Andri beserta jajaran, ketua BHP Yovi Indra Gunawan, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD), Ketua RT/RW dan Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Bidan Desa serta perwakilan dari tokoh masyarakat setempat.

Selain itu, turut hadir dalam kegiatan Sekretaris Kecamatan Talangpadang Ubaidillah, Kepala Seksi (Kasi) pembangunan  Sri Ordanela, Babinsa, dimana pada Musyawarah tersebut bertindak selaku narasumber Kasi pembangunan kecamatan Talangpadang.

Ketua BHP saat memimpin dan membuka Musyawarah Desa, pada penyusunan RKP Desa Tahun 2022 di Gedung Paud, Yovi Indra menjelaskan usulan yang disetujui diantaranya; agar dapat keberlanjutan pembangunan Balai Pelatihan Pekon Banjarsari dapat terealisasi, menyetujui rehab/perbaikan jalan-jalan rusak ditiap-tiap Dusun di Pekon Banjarsari.

Usulan lain pun datang dari kepengurusan PKK yang ingin diadakannya pembuatan sumur bor. Selain itu ibu-ibu rumah tangga meminta agar diadakannya kegiatan pemberdayaan, diantaranya meliputi usulan pengadaan mesin jahit bagi ibu-ibu rumah tangga. Selain itu, usulan lainnya datang pada bidang kesehatan, dimana bidan desa setempat meminta diadakannya alat periksa ibu hamil serta usulan agar dapat lebih dilengkapi lagi obat-obatan untuk warga yang sudah Lanjut Usia (Lansia).

Tak sampai disitu, Badan Hippun Pekon (BHP) sebagai wadah aspirasi masyarakat desa pun memberikan usulan tentang diadakannya tempat pembuangan atau pengelolaan sampah rumah tangga untuk dapat juga dipertimbangkan, hal itu dikarenakan adanya permasalahan ketiadaan lahan sebagai sarana penunjang.

"Kami selaku BHP berharap dan menghimbau agar masalah sampah ini kita bareng-bareng agar dapat membuang sampah jangan sembarangan," Ungkap perwakilan BHP.

"Alhamdulillah, pada siang ini masyarakat Pekon Banjarsari selesai melaksanakan Musdes guna menetapkan RKPD Tahun 2022 yang hasilnya masyarakat memiliki usulan untuk perbaikan Gedung Pelatihan lalu pengadaan seragam Paud, untuk kesehatan pembelian alat dopler juga bidang keagamaan, namun itu semua akan ditinjau kembali terutama perbaikan Balai Pelatihan jangan sampai menumbur aturan yang ada." Ujarnya. 

Kepala Pekon Topan Andri menjelaskan dalam sambutannya menyampaikan agar masyarakat pekon Banjarsari agar dapat lebih lebih aktif berpartisipasi dalam semua kegiatan yang ada di Pekon setiap bidangnya program-program dibidang pembangunan dan bidang pemberdayaan dan jangan terlalu mengharapkan Bantuan Langsung Tunai( BLT) karena ini hanya sementara sifatnya dikarenakan ini masih dalam pandemi Covid-19 dan termasuk program pemerintah pusat.

Ditambahkannya bahwa hasil Musdes ini adalah hasil dari penyerapan aspirasi masyarakat melalui musdus dan dihasilkan skala prioritas dalam penyusunan RKPD tahun 2022.

"Kegiatan hari ini pekon Banjarsari melaksanakan Musdes dalam penyusunan RKPD Tahun 2022, yang hasil prioritasnya didapat yaitu pembangunan balai Pekon yang sudah terbengkalai selama dua tahun namun Masih harus digodok dulu aturannya, juga bidang kesehatan dan pendidikan juga keagamaan" ucapnya.

Pada kesempatan yang lain arahan diberikan oleh Kasi pembangunan Sri Ordanela menyampaikan akan siap mengawal pembangunan di Pekon Banjarsari ini dan untuk peserta rapat agar mengerti juga RPJM itu berlaku nya selama lima tahun tidak bisa sembarangan merubah isinya ucap ibu Sri Ordanela. (Tim/RIKA).

0 Response to "Musdes Pekon Banjarsari Kecamatan Talang Padang, Masyarakat Inginkan Perbaikan Jalan dan Balai Pelatihan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel