Upaya Wujudkan Ekonomi Produktif, Pekon Talangpadang Resmi Miliki BUMDes Bidang Toko Serba Ada

PORTALTANGGAMUS.COM, Talangpadang - Kepala pekon Talang Padang Parizal Saleh SE, Meresmikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes Andan Jejama) yang bergerak di bidang Toko Serba Ada (Toserba) di pekon Talang Padang kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus, Sabtu (5/3/2022), kegiatan ini diawali dengan pemotongan pita.

Tampak Hadir mendampingi Parizal Saleh SE selaku kepala Pekon, Rumaidi ST., Selaku Ketua BUMDes, Tokoh Masyarakat, Kadus, penggerak PKK serta Apatur pekon setempat.

Dikesempatan itu Rumaidi ST, selaku ketua BUMDes, menjelaskan bahwa Toserba ini adalah program pengembangan mereka di tahun 2022-2025, yang mana sebelumnya pada tahun 2017 telah diawali dengan program budidaya ikan Lele. 

"Sebelumnya BUMDes  ini berdiri pada 21 April 2017, Pada saat itu diawali dengan program budidaya ikan lele dan berkembang ke penyertaan modal serta sablon, dan tahun ini untuk sampai tahun 2025, kita bergerak di Toserba, dan patut saya pertegas Bumdes kita tidak bergerak di simpan pinjam, " tuturnya.

Masih Sambung ketua BUMDes "kedepan siap terima kritikan membangun. Adapun penyertaan modal bergulir bukan simpan pinjam, dengan sistem regulasi yang berlaku yang akan diterapkan, " ucapnya. 

Menjelang pemotongan pita, Parizal Saleh selaku Kakon menjelaskan bahwa Menurutnya, keberadaan BUMDes diyakini dapat memberikan multiplyer effect yang sangat besar bagi perekonomian masyarakat. Dengan adanya BUMDes, akan menggerakkan sektor-sektor ekonomi produktif, serta menjadi stimulan bagi pertumbuhan ekonomi di Pekon.

Pendirian dan pengelolaan BUMDes, lanjutnya, adalah perwujudan dari pengelolaan ekonomi produktif desa yang dilakukan secara kooperatif, partisipatif, emansipatif, transparan, dan akuntabel. Untuk itu, perlu adanya upaya yang serius untuk menjadikan pengelolaan BUMDes hingga dapat berjalan secara mandiri, efektif, efisien, dan profesional. 

"Eksistensi BUMDEs sebagai lembaga bisnis yang dimiliki dan dikelola oleh pemerintah Pekon memiliki peran strategis dalam pembangunan ekonomi ,” ucap parizal

Masih lanjut Parizal Saleh " Di masa PPKM ini, sengaja saya tidak undang semua untuk hadir namun secara  perwakilan dan tokoh InsyaAllah telah terwakilkan. tahun 2017 BUMDes ini berdiri namun telah sama kita ketahui kurang maksimal".

"Sekarang yang patut kita pikirkan uang nya ada, tinggal bagaimana kita bisa memanfaatkan untuk penunjang kesejahteraan warga, seperti yang telah disampaikan ketua tadi, BUMDes pekon Talangpadang tidak mengadakan simpan pinjam, karena bercermin ke  luar agak macet dan kurang berjalan dengan baik" ujarnya

Untuk kebutuhan yang banyak bagi masyarakat, Toserba BUMDes Siap bantu. " Kedepan nya ATK di beberapa tempat  kita Suflay seperti pekon yang lain " kata Parizal Saleh. (RIKA/Tim)

0 Response to "Upaya Wujudkan Ekonomi Produktif, Pekon Talangpadang Resmi Miliki BUMDes Bidang Toko Serba Ada "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel