Derita Sakit dan Tak Mampu Berobat, Ibu dan Anak Warga Tanggamus Butuh Uluran Tangan

Portaltanggamus.com, Tanggamus - Rahma (69) dan Heriyanto (40)  merupakan ibu dan anak warga dusun Bandongan, pekon Talang Padang, kecamatan Talang Padang, Kabupaten Tanggamus yang tengah membutuhkan uluran tangan dari pemerintah.

Pasalnya, keduanya dalam keadaan sakit dan hanya bisa berbaring di tempat tidur sederhana dirumah yang sangat sederhana jauh dari kata layak huni. Mereka hanya mengandalkan Andi Irawan (45) anak pertama dan seorang single parents.

Saat di Sambangi, Heryanto yang  sedang rebahan di ruang tengah rumahnya mengatakan dirinya tidak memiliki biaya untuk berobat.

"Sudah tiga bulanan saya seperti ini karena keterbatasan biaya saya berobat ya alakadarnya saja, kasihan Abang yang juga harus merawat ibu," ujarnya. Rabu, (22 Juni 2022)

"Saya hanya berharap kepada pemerintah dapat membantu kesembuhan saya dan meringankan perawatan ibu saya," imbuhnya.

Di dalam bilik yang pencahayaan kurang dan pengap nampak Rahma hanya terbaring diam.

"kalau ibu sudah lama sakit sudah tidak bisa apa-apa hanya tiduran aja, untuk kebutuhan makan harus saya suapi dan keperluan MCK harus saya gendong, bahkan kalau tidak ketahuan apa-apa diatas kasur," kata Andi

Dengan keterbatasan ekonomi dan hanya seorang diri dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari, Andi hanya mampu merawat ibu dan pengobatan adiknya semampunya. Dirinya mengaku tidak mampu membawa Keduanya ke Puskesmas maupun Rumah Sakit.

"Karena keadaan saya hanya bisa merawat ibu dan adik saya semampu saya mau ke Puskes (Puskesmas) gak ada biaya apalagi Rumah Sakit bang, saya mohon kepada pemerintah untuk dapat membantu meringankan beban saya dalam merawat dan menyembuhkan adik saya," tutupnya.

Dilain pihak, Aswin selaku Sekdes setempat meminta maaf kepada keluarga Andi dan awak media, pihaknya mengaku salah dan teledor dalam hal ini.

"Saya mewakili Kepala Pekon mohon maaf karena keteledoran kami selama ini, setelah mengetahui kami pun sudah berupaya memberikan BPJS gratis dan Alhamdulillah, hari ini sudah selesai bahkan sudah aktif selain dari itu, kami sudah mengajukan ke dinas PUPR untuk mendapat bantuan RTLH, Alhamdulillah juga rumah bang Andi masuk dalam program tersebut," terang Aswin. 

Dikatakan pula pihak pekon akan menggalang donasi dan mencari bantuan sosial dari semua pihak.

"Pada kesempatan ini saya mohon ijin kepada bang Andi untuk melakukan kegiatan donasi dan mencari bantuan dari Lembaga-lembaga sosial yang ada di Tanggamus. Perlu di ketahui data sudah kami serahkan ke LKS Alamanda dan Baznas Tanggamus, insyaAllah segala upaya kita bersama sampai ke Bupati bahkan Kementerian Sosial," pungkasnya.

Sementara kepala KUPT Puskesmas Talang Padang dr. Eka Priyanto tidak berada di tempat dan saat di hubungi via telepon, dirinya sedang ada pertemuan. 

Dalam program Bupati Tanggamus dengan 55 aksinya terkesan hanya jargon belaka, salah satu program Bupati adanya homecare lansia nampak tidak berjalan di Talang Padang.

" Selama ini belum ada bang dari kesehatan yang dateng ke rumah, untuk menengok apalagi mengobati ibu saya," terang Andi. (Tim Redaksi Portal) 

0 Response to "Derita Sakit dan Tak Mampu Berobat, Ibu dan Anak Warga Tanggamus Butuh Uluran Tangan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel