Untuk Pertama Kali, SAPMA Pemuda Pancasila Kabupaten Tanggamus Akan Menggelar MUSCAB

Logo Satuan Pelajar dan Mahasiswa Pemuda Pancasila Kabupaten Tanggamus 
Portaltanggamus.com, Tanggamus - Satuan Pelajar dan Mahasiswa (SAPMA) Pemuda Pancasila Kabupaten Tanggamus akan menggelar Musyawarah Cabang (MUSCAB) pertama. Kegiatan akan dilaksanan secara langsung di Aula Islamic Centre pada bulan Desember mendatang. Hal tersebut diutarakan oleh Ketua Pelaksana Muscab Sapma PP Tanggamus, Teguh Hikmat Ridhoi kepada media, Menurutnya kegiatan musyawarah cabang Sapma PP Tanggamus rencananya akan dilaksanakan selama satu hari dengan agenda pemilihan ketua dan pembentukan tim formatur. 

Teguh sapaan akrabnya berharap dengan kehadiran Sapma Pemuda        Pancasila Tanggamus dapat menjadi wadah dan laboratorium mini untuk menciptakan kader unggul yang insya Allah akan menjadi pemimpin di Kab. Tanggamus di masa yang akan datang. Sementara itu Ketua Pengurus Wilayah (PW) Sapma Provinsi Lampung Lazuardi Geovani menambahkan sangat mengapresiasi atas hadirnya sapma di kabupaten Tanggamus. “Sapma bisa menjadi wadah agar pemuda pemudi di kab. Tanggamus bisa lebih kreatif, inovatif dan aktif membantu pembangunan dan berkonstribusi nyata dalam pembangunan daerah, serta menjadi garda terdepan dalam mengawal keutuhan NKRI dan Pancasila," harap Lazuardi Geovani.

Sebagaimana diketahui dari berbagai sumber, Pemuda Pancasila (PP) didirikan pada tanggal 28 Oktober 1959, tepatnya pada hari Sumpah Pemuda. Tujuan dari pendirian PP sendiri untuk mempertahankan dan membina keutuhan NKRI yang diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945. Untuk memenuhi kebutuhan yang sangat strategis bagi PP dalam mempersiapkan kader pemimpin masa depan bagi organisasi yang terlatih dan memahami nilai-nilai juang yang ada pada kader PP. Maka dibentuklah Satuan Pelajar dan Mahasiswa Pemuda Pancasila (Sapma PP). Dimana dalam wadah lembaga ini berhimpunlah para pelajar dan mahasiswa PP yang masih menuntut ilmu pengetahuan sesuai dengan jenjang yang sedang ditekuni saat ini. Pemuda Pancasila telah membidani kelahiran Lembaga Sapma PP untuk waktu yang tidak ditentukan. 

Dalam rangka mewujudkan cita-cita historis perjuangan Sapma PP ke masa depan, maka Sapma PP mempertegas posisinya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Demi melaksanakan tanggung jawabnya bersama seluruh rakyat Indonesia untuk mewujudkan tercapainya cita-cita reformasi ditengah pesatnya arus globalisasi dan kemajuan teknologi Digital.

Selanjutnya Nilai-Nilai Pancasila di Kabupaten Tanggamus sendiri khusus pada generasi muda dapat dilihat mulai terdegradasi ditengah pesatnya arus globalisasi dan kemajuan teknologi digital. Budaya-budaya luar yang semakin banyak mempengaruhi anak-anak muda, kemudian dipercepat melalui Sosial Media. Dampak positif dari perkembangan teknologi informasi, adalah kemudahan dalam mengakses informasi dan ilmu pengetahuan dari berbagai sumber dan belahan dunia.Sedangkan dampak negatifnya, adalah masuknya pengaruh budaya asing, seperti pergaulan bebas, penyalahgunaan narkoba, tindakan kriminalitas, pornografi dan budaya kekerasan. Sementara generasi muda adalah kelompok masyarakat yang sangat rentan terhadap pengaruh budaya asing ini, sehingga dalam membangun sosial budaya, terutama terhadap generasi muda itu, diperlukan persiapan yang matang, agar mereka dapat mengambil manfaat positif dan membentengi diri dari dampak negatif globalisasi dunia yang tengah berkembang ini khususnya di Wilayah Kabupaten Tanggamus.

Hal ini dapat dikontrol melalui pengamalan nilai-nilai Pancasila guna meningkatkan rasa persatuan dan rasa cinta tanah air. Sehingga Generasi muda dapat bijak dalam memanfaatkan teknologi digital di tengah era globalisasi, agar tidak dapat mudah terpecah belah, lebih menjunjung tinggi rasa persatuan, rasa saling memiliki, demi menjaga Wilayah Kabupaten Tanggamus Tercinta. Sapma PP Tanggamus, akan lebih banyak merangkul Generasi Muda Tanggamus agar dapat bersama-sama berkolaborasi menjadi Penggerak bagi pengamalan nilai-nilai Pancasila, di wilayah Kabupaten Tanggamus dengan Semboyan "Begawi Jejama". Semboyan ini bermakna Rasa Persatuan yang tinggi sehingga diharapkan dapat mendorong kebersamaan Generasi Muda Tanggamus agar dapat mengamalkan Pancasila serta terhindar dari dampak negatif arus globalisasi di era teknologi digital.

Dengan melihat berbagai potensi peluang dan permasalahan Generasi Muda di Kabupaten Tanggamus. Diharapkan Sapma PP Cabang Tanggamus dapat menjadi penggerak bagi pengamalan Nilai-Nilai Pancasila, serta Nilai Kebangsaan dan Keindonesiaan khususnya bagi anak-anak muda Tanggamus. Serta dapat berperan aktif memberikan kontribusi ide gagasan melalui program kegiatan kedepan. Berangkat dari hal tersebut Sapma PP Cabang Tanggamus Bulan Desember mendatang akan segera melaksanakan Musyawarah Cabang (MUSCAB) Pertama Tahun 2022. Besar harapan kegiatan Musyawarah Cabang ini dapat menjadi titik awal kontribusi dalam membangun Daerah serta menjadi sumber inspirasi, motivasi, dan kreativitas yang mengarahkan proses penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara menuju masa depan yang dicita-citakan bersama bangsa Indonesia khususnya di Wilayah Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung. (Tim red) 

0 Response to "Untuk Pertama Kali, SAPMA Pemuda Pancasila Kabupaten Tanggamus Akan Menggelar MUSCAB"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel