Pemerintah Kabupaten Tanggamus Gelar Musrenbang Tahun 2024

Portaltanggamus.com, Tanggamus - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus, menggelar musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tahun 2024 dalam rangka penyusunan RKPD Tahun 2025 acara berlangsung di GOR RATU Kecamatan Kotaagung, Rabu (6/3/2024).

Pj. Bupati Tanggamus Ir. Mulyadi Irsan, dalam sambutannya mengatakan Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang- Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah telah menegaskan bahwa Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) merupakan dokumen penting dalam perencanaan pembangunan daerah yang mencakup periode satu tahun. 


“RKPD ini merupakan penjabaran dari rencana pembangunan jangka menengah yang merupakan bagian integral dari sistem perencanaan pembangunan nasional” kata Pj Bupati.

Sementara Itu Sekretaris Provinsi Lampung Fahrizal Darminto, Mewakili Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Fahrizal Darminto menyampaikan ucapan selamat atas Musrenbang RKPD Tahun 2025 Kabupaten Tanggamus yang menurutnya, hal itu sebagai bukti bahwa jajaran Pemkab Tanggamus selalu proaktif melibatkan masyarakat dalam rangkaian proses perencanaan pembangunan.

Ia berharap, forum Musrenbang dapat menjadi momentum untuk mendengarkan dan mengakomodir program-program yang dibutuhkan masyarakat dan menekankan tujuan dan sasaran pembangunan antara Pemkab, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Pusat harus selaras dan sejalan.

Menurutnya, capaian pembangunan kabupaten/kota akan menentukan capaian pembangunan di Provinsi, begitu juga capaian pembangunan nasional, merupakan akumulasi kinerja pembangunan seluruh Provinsi yang ada di Indonesia.


Oleh karena itu, koordinasi dan sinergi antar jenjang pemerintahan menjadi kunci keberhasilan pembangunan. Saat ini Pemerintah Provinsi Lampung telah menetapkan tema pembangunan tahun 2025 yaitu Sinergi Memperkuat Kapasitas Diri dan Ketahanan Ekonomi Berkelanjutan serta Kualitas Pembangunan Manusia.

Tema pembangunan nasional tahun 2025 yaitu Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan dengan 7 prioritas pembangunan yakni meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan, meningkatkan kualitas hidup SDM, penanganan kemiskinan, pembangunan infrastruktur dan reformasi birokrasi.


“Pemantapan kehidupan masyarakat yang aman berbudaya dan demokratis serta peningkatan kualitas lingkungan hidup,” kata Fahrizal. (Adv)

0 Response to "Pemerintah Kabupaten Tanggamus Gelar Musrenbang Tahun 2024"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel