Berdayakan Petani Lokal, Petani Kopi Tanggamus Ini Kian Sukses Merambah Pasar Nasional



Portaltanggamus.com, Sumberejo – Kopi Robusta merupakan jenis kopi yang memiliki aroma dan cita rasa khas yang ada di kabupaten Tanggamus yang sudah dikenal baik didalam maupun diluar daaerah Tanggamus, salah satu brandnya adalah kopi BJ robusta. Nama kopi BJ sendiri merupakatan singkatan dari kata ‘BeJo’ dimana dalam pemaknaannya memiliki arti beruntung atau sebuah keberuntungan. "Gak Ngopi Gak Bejo!", begitulah kalimat singkat yang menjadi slogan dari brand kopi robusta Tanggamus ini. Kopi BJ robusta ini pun kian berwarna, dengan berinovasi menambahkan beberapa menu varian lainnya. 


Dibawah sentuhan tangan dingin yang dibarengi tekad, semangat dan usaha keras seorang petani kopi jenis robusta di Tanggamus kopi BJ mulai bersinar di Lampung, bahkan mulai merambah ketingkat Nasional. Beliau adalah bapak Suhodo (50) Seorang petani kopi yang berasal dari pekon Dadapan, kecamatan Sumberejo, kabupaten Tanggamus ini mampu memberdayakan petani-petani kopi yang ada dilingkungan tempat tinggalnya. 


Dimulai dari tahap penanaman sampai tampung hasil panen, penyotiran buah kopi yang sudah matang yang ditandai dengan warna merah, penjemuran, pemilihan biji secara manual tanpa alat, sampai kopi dikemas dan dilabeli untuk siap saji kepada para penikmat dan pecinta kopi, beliau lakukan bersama kelompok tani binaannya yang dibantu juga oleh keluarganya sekitar awal tahun 2016 yang lalu. 2 tahun berselang salah satu anaknya berinovasi dengan mebuat Kafe atau kedai kopi hasil produksi dari para petani dilingkungan tersebut.


Tak hanya masyarakat biasa penikmat kopi, kopi BJ inipun juga telah dikenal berbagai kalangan, mulai dari kalangan masyarakat bawah sampai menengah, hingga kalangan dijajaran kedinasan yang ada dikabupaten maupun provinsi. Bahkan baru-baru ini, orang nomor 1 di Tanggamus acapkali mengunjungi kedai kopi bernuansa etnik-modern itu, untuk sekedar 'nyeruput' secangkir kopi ini, sekaligus mempromosikan Kopi BJ robusta Tanggamus sebagai salah satu produk kopi unggulan yang berasal dari Kabupaten Tanggamus. 


Tak hanya itu bahkan ada tamu penikmat kopi dari Malaysia  dan Jerman yang penasaran pernah bertandang dan menikmati kopi dengan cita rasa robusta ini.
Hasilnya sudah banyak penghargaan yang diraih baik ditingkat kabupaten, provinsi, maupun apresiasi dan penghargaan ditingkat nasional. Maka dari hal-hal tersebut, sudah seharusnya menjadi perhatian semua pihak untuk dapat mempertahankan bahkan terus meningkatkan dalam upaya mengenalkan juga menterkenalkan Tanggamus sebagai salah satu satu sentra kopi unggul baik di Lampung dan  seantero Nusantara, bahkan mendunia. (Tim redaksi)


 


 

0 Response to "Berdayakan Petani Lokal, Petani Kopi Tanggamus Ini Kian Sukses Merambah Pasar Nasional "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel